Bagi bayi, ASI adalah sumber gizi yang paling utama. Factor pencernaan bayi yang belum bisa mencerna makanan padat, menjadikan ASI sebagai sumber kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan bayi. Tidak hanya itu, ASI juga memiliki kandungan yang begitu banyak manfaatnya. Tidak heran muncul istilah ASI eksklusif untuk bayi yang mendapatkan ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain sejak bayi berusia 0 hingga 6 bulan. Lalu kemudian pemberian ASI nya diteruskan hingga anak berusia 2 tahun.

 

Apakah Good People tahu kalo ASI bagi bayi yang baru lahir hingga 6 bulan itu sudah bisa mewakili kelengkapan nutrisi yang dibutuhkannya? Luar biasa sekali ya Good People. Oleh karena itu, bagi bayi ASI eksklusif, dia ga perlu lagi untuk menambahkan makanan dan minuman lain, ASI sudah mencukupi untuk kebutuhan perkembangan bayi selama 6 bulan tersebut. Tidak hanya itu, apakah Anda tahu kalo anak yang diberi ASI memiliki tingkat intelegensi (IQ) dan bahasa lebih tinggi dalam kehidupannya mendatang? Memang betul, ASI mampu memberikan pengaruh sebesar itu kepada anak.

 

Namun, Good People jangan terlalu tergesa-gesa untuk langsung memberikan ASI sebanyak-banyaknya pada bayi. Anda perlu tahu juga takaran yang idealnya, agar bayi bisa secara teratur mendapatkan ASInya. Jadi, selain memerhatikan kualitas ASI dari makanan yang dikonsumsi sang ibu, Good People juga perlu memerhatikan kuantiti ASI yang akan diberikan kepada si kecil.

 

Memang ada kesulitan menakar jumlah ASI bagi ibu yang bayinya menyusui langsung. Namun, Anda bisa coba dengan gambaran takaran ini; bayi ASI membutuhkan sekitar 750 ml/hari. Namun bisa ditarik rata-ratanya bayi membutuhkan asupan ASI 570-900 ml/hari. Selain itu juga Good People perlu memerhatikan periode hari dan jumlah ASI, agar si kecil bisa mencernanya dengan baik sehingga perkembangannya pun maksimal.

 

Hari pertama, sebanyak 7 ml atau setara dengan satu sendok teh lebih

Hari kedua, sebanyak 14 ml atau hampir tiga sendok teh

Hari ketiga, sebanyak 38 ml

Hari keempat, sebanyak 58 ml

Hari ketujuh, sebanyak 65 ml

 

Setelah itu, Good People perlu mencatat frekuensi menyusui ASI pada bulan pertama yaitu sekitar 8-12 kali per hari. Setelah berusia 1-2 bulan, frekuensi menyusunya akan berkurang menjadi 7-9 kali per hari.

 

Nah, gambaran takaran ini bisa jadi acuan buat Good People yang baru punya bayi. Ritme dan takaran ini bisa memberikan pertumbuhan yang baik bagi si kecil. Siapkan selalu botol tumbler dengan air panas di dalamnya, karena ini bisa untuk menghangatkan ASI ketika di perjalanan atau untuk kebutuhan susu formula. Paling penting adalah si kecil terus mendapatkan ASI sesuai dengan kebutuhannya. Untuk tips pemilihan botol tumbler, Anda bisa menggunakan Thermos Disney Junior One Push Tumbler agar Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan susu si kecil dengan selalu menyediakan air hangat untuk menyeduh susunya di dalam.