Pada 22 Jul 2016

Bersih merupakan bagian dari keimanan. Pada Bulan Ramadan ini, selain membersihkan hati, kita juga wajib membersihkan perkakas rumah tangga yang selama ini kita biarkan tidak dicuci.

Salah satu peralatan rumah tangga yang sering digunakan adalah botol minuman. Dengan ukurannya yang fleksibel, memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana atau dibiarkan berada di dalam kulkas saja.

Meski sering digunakan, namun tidak jarang diantara kita yang jarang membersihkannya. Padahal dengan kondisi botol yang selalu basah, justru akan menarik bakteri untuk tinggal dan berkembang biak di dalamnya.

Namun karena tidak menyebabkan kotor atau bau, sebagian orang menganggap remeh proses pembersihannya. Padahal kesalahan dalam proses membersihkannya, bisa berdampak buruk terhadap kesehatan. Berikut ini cara tepat untuk membersihkan botol minuman yang bisa dipraktikkan di rumah.


1. Cuci dengan menggunakan air hangat dan sabun

Siapkan air hangat, beberapa tetes sabun cuci piring dan sikat. Pertama masukan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam botol, air hangat kemudian tutup  botol minuman, dan kocoklah selama beberapa menit.

Kemudian gunakan sikat untuk membersihkan bagian dalam yang biasanya sulit dijangkau. Terlebih jika botol minuman memiliki leher yang sempit, maka sikat ini mampu mempermudah dalam membersihkannya. Bilas sampai bersih lalu diamkan semalam hingga benar-benar kering. Keesokan harinya, botol sudah aman untuk digunakan. 

2. Gunakan cuka

Ternyata bumbu dapur yang satu ini juga bermanfaat membuat botol minuman aman dari bakteri. Cuka merupakan bahan alami yang agresif dalam membersihkan kotoran dan membunuh beberapa jenis kuman penyebab penyakit. Untuk membersihkan botol dengan cuka, maka lakukan cara-cara pada langkah pertama.

Cuci botol dengan menggunakan air hangat dan beberapa tetes sabun cuci piring, lalu kocok hingga mengeluarkan busa. Kemudian bersihkan bagian dalam dengan menggunakan sikat. Setelah dibilas hingga bersih, maka masukkan cairan cuka putih dalam botol, campurkan dengan air dingin. Diamkan selama satu malam, lalu bersihkan keesokan harinya.

3. Gunakan cairan bleaching yang tak terlalu keras

Cara ketiga adalah dengan menggunakan cairan bleaching pembersih botol. Namun pilihlah cairan yang tidak terlalu keras sehingga lebih aman digunakan untuk botol minuman. Cara penggunaannya adalah dengan memasukkan satu sendok makan cairan bleaching ke dalam botol minuman kemudian dicampur dengan air. Kocok sebentar lalu diamkan selama dua. Setelah itu, kembali bersihkan botol tersebut dan keringkan. 

Nah, mudah bukan membuat botol minuman kita tetap aman dan terbebas dari bakteri?

Dengan begini, anda  bisa lebih nyaman minum dari botol yang sudah anda jaga kebersihannya. Dari tiga cara di atas, anda bisa menggunakan salah satu yang sesuai dengan keinginan anda.

Selamat mencoba, Good People, dan jangan lupa juga untuk selalu mencuci botol minuman Thermos ® mu ya!