Pada 22 Jul 2016

Termos merupakan peralatan rumah tangga yang berfungsi untuk mempertahankan suhu. Alat ini pada awalnya hanya digunakan untuk mempertahankan suhu air agar tetap panas.

Namun pada perkembangannya, termos berinovasi dan berfungsi mempertahankan suhu agar tetap dingin, bahkan bisa untuk menyimpan makanan makanan agar tetap hangat.

Termos pertama kali diproduksi pada tahun 1904. Setelahnya, banyak produsen membuat produk dengan bentuk serupa.

Beragam produk termos dijual dengan spesifikasi, kualitas, dan harga yang berbeda-beda. Lantas, bagaimana cara mengetahui kualitas dari produknya?

  1. Pertama belilah termos yang memiliki merek yang sudah terkenal luas. Tidak masalah anda harus mengeluarkan biaya lebih diawal pembelian, karena pemakaiannya bisa berlangsung hingga bertahun-tahun.
  2. Anda harus memastikan jika lapisan bagian dalamnya berada dalam kondisi yang baik dan dibuat dari material yang bagus. Misalnya bahan interiornya terbuat dari Stainless steel. Bahan ini merupakan senyawa besi yang tahan karat. Sehingga aman digunakan dan tidak membahayakan kesehatan.
  3. Perhatikan juga bagian luarnya. Pastikan alat tersebut cukup kuat dengan struktur yang mantap.
  4. Cara lain untuk membuktikan termos tersebut berkualitas atau tidak adalah dengan mengarahkan mulut termos yang sedang terbuka dan dalam keadaan kosong mendekat ke telinga. Kemudian dengarkan suaranya. Akan ada suara seperti suara angin atau seperti ketika kita sedang menyelam di bawah air. Semakin keras bunyi tersebut, maka semakin baik kualitas termosnya.
  5. Pilihlah termos yang tidak berbau. Jika anda mencium bau tidak menyenangkan, maka tidak perlu untuk membeli termos tersebut. Hal ini mengindikasikan bahan interior termos tidak bagus, sehingga menimbulkan bau tidak sedap.
  6. Cobalah untuk membuka atau menutup termos tersebut. Apakah benda itu bisa menutup dengan sempurna atau memiliki gangguan yang membuatnya tidak bisa menutup dengan baik. Sebab, sebagai penjaga suhu, alat ini sangat menggantungkan fungsinya pada rancangan struktur dan penggunaan material yang tepat.

Bagaimana Good People, berencana mempraktikkannya saat membeli Termos nanti?