• +62 212 906 9960
    Hotline Call 24/7

Bermain badminton atau bulu tangkis pastinya sangat seru dan menyehatkan ya Good People. Akan tetapi, saat di pertengahan permainan, Good People mungkin sudah merasa kelelahan karena kehabisan nafas. Olahraga yang satu ini memang bisa membuat Good People kehabisan nafas karena memerlukan ketangkasan kaki dan tangan secara bersamaan. Good People harus banyak bergerak ke sana kemari untuk mengejar shuttlecock dengan gesit.

 

Padahal, kehabisan nafas saat main badminton tentu mengganggu performa Good People. Lalu bagaimana caranya supaya tidak gampang kelelahan saat bermain badminton? Good People bisa melakukan beberapa tips berikut sebelum bermain badminton. Simak beberapa tips-nya di bawah ini yuk Good People:

 

  • Melakukan Pemanasan Terlebih Dahulu.

Pemanasan pada dasarnya penting dan wajib dilakukan sebelum bermain badminton. Untuk mencegah kehabisan nafas di tengah permainan, lakukan pemanasan selama paling sebentar 20 menit. Good People bisa melakukan pemanasan dengan cara berjalan kaki cepat atau jogging dengan kecepatan standar.

 

Pemanasan berfungsi untuk mempersiapkan tubuh Good People sebelum melakukan olahraga badminton yang secara bertahap akan meningkatkan denyut jantung dan pernapasan.

 

Tunggu dan tahan pemanasan sampai Good People berkeringat, karena itu merupakan tanda yang baik bahwa tubuh Good People telah melakukan pemanasan dengan baik. Jadi gunakan hal itu sebagai panduan dan kemudian secara bertahap mulailah mempercepat langkah.

 

  • Latihan Pernapasan dengan Ritme Cepat.

Pernapasan yang salah dapat menjadi salah satu penyebab sesak nafas. Jika pernapasan terlalu dangkal, pertukaran udara dalam tubuh Good People tidak akan berjalan lancar. Cobalah bernafas dalam-dalam pada posisi diam, mulailah dengan menenangkan diri, tarik nafas sepenuhnya, lalu turunkan bahu perlahan sambil mengembuskan nafas. Saat membuang nafas, dorong udara sekuatnya, kemudian segera diikuti dengan menarik nafas dalam.

 

Menurut seorang pakar olahraga asal Amerika Serikat, Anna Hartman, supaya tidak cepat kehabisan nafas Good People memang harus melakukan “pernapasan perut”, yaitu teknik pernapasan yang ketika dilakukan dengan benar, perut yang akan mengangkat, bukan dada. Karena itu, biasakan Good People untuk melakukan pernapasan perut meskipun tidak sedang main bulu tangkis. Lama-lama tubuh akan terbiasa dan secara otomatis melakukan pernapasan perut saat Good People main badminton.

 

Bagaimana Cara Meningkatkan Ketahanan Jantung dan Paru Saat Berolahraga?

Sebetulnya, Good People tidak perlu sampai kehabisan nafas saat main bulu tangkis atau olahraga lainnya kalau ketahanan jantung dan paru Good People memadai. Good People bisa memulai dengan waktu yang sebentar dulu, sekitar 10-15 menit per hari, namun maksimal hasilnya untuk melatih nafas agar tidak kelelahan saat olahraga.

 

Dengan kisaran waktu kurang dari 15 menit tersebut, American Heart Association merekomendasikan agar orang dewasa berlatih setidaknya 150 menit dengan aktivitas sedang dalam seminggu. Mudahnya, Good People juga direkomendasikan untuk berlatih 30 menit saja per hari selama lima hari. Penting juga untuk menyesuaikan dengan tingkat kemampuan tubuh Good People dalam berlatih.

 

Selain itu, menurut American College of Sports Medicine, ketika Good People meningkatkan detak jantung serta ketahanan paru dengan berolahraga, jantung Good People lebih kuat, aliran darah lebih lancar, dan lemak pun terbakar. Tak luput juga kemampuan tubuh Good People untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh jadi lebih baik. Lalu, latihan apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ketahanan jantung paru agar tidak kehabisan nafas saat olahraga?

 

  • Jalan kaki.

Mula-mula, Good People bisa meningkatkan ketahanan jantung dan paru dengan berjalan kaki. Berjalan-jalan bisa membakar kalori dan mudah dilakukan kapanpun di manapun juga. Setelah Good People sudah mulai terbiasa dengan berjalan, Good People bisa meningkatkan lagi dengan berjalan cepat selama 30 menit per hari.

 

  • Jogging.

Banyak orang melakukan jogging karena dianggap sebagai olahraga yang bisa membuat tubuh lebih bertenaga. Tidak jarang juga jogging secara rutin dipercaya untuk meningkatkan daya tahan jantung dan pembuluh darah.

 

  • Berenang.

Selain bisa meningkatkan ketahanan jantung paru, berenang juga bermanfaat untuk mengencangkan otot, loh Good People. Berenang dengan gaya bebas bisa membakar kalori hampir sama dengan jogging.

 

  • Bersepeda.

Menurut Centre for Disease Control bersepeda dengan kecepatan tertentu bisa harus meningkatkan kebugaran jantung-paru tubuh. Bersepeda dengan kecepatan lebih dari 16 km/jam, detak jantung Good People akan naik dan otot Good People akan mulai menuntut lebih banyak oksigen dan energi. Sistem jantung dan hati serta pernapasan Good People akan merespon hal tersebut, sehingga secara tidak langsung bisa meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh Good People.

Itulah beberapa tips dan juga ulasan mengenai strategi agar tidak kehabisan nafas saat bermain badminton, jangan lupa juga selain menerapkan beberapa tips dan ulasan di atas, Good People perlu memperhatikan kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi, maka dari itu Good People perlu membawa sebuah tumbler drink dengan kapasitas yang cukup untuk memenuhi cairan tubuh yang hilang selama bermain badminton seperti FFV 2000 dari Thermos yang selain mudah dibawa kemanapun, dapat menahan suhu minumanmu lebih lama selama 6 jam.