• +62 212 906 9960
    Hotline Call 24/7

Dehidrasi merupakan salah satu hal yang harus dihindari oleh setiap orang yang melakukan aktivitas olahraga. Dehidrasi ringan dapat memengaruhi fungsi tubuh dalam berpikir dan performa fisik seseorang.

 

Hal ini tentu saja tidak menguntungkan bagi Good People yang sedang melakukan pertandingan penting untuk memperebutkan juara. Sehingga sangat penting untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh agar tetap terpenuhi atau menjaga status hidrasi agar tetap seimbang.

 

Seberapa banyak cairan yang dibutuhkan selama menjalani pertandingan oleh tubuhmu Good People? Sesi latihan merupakan waktu yang tepat bagi para pemain untuk memperkirakan seberapa banyak keringat yang keluar dan seberapa banyak cairan yang dibutuhkan kembali. Perlu Good People ketahui, kalau setiap tubuh seseorang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda loh.

 

Untuk itu kali ini akan dijelaskan teknik yang dapat Good People praktikkan untuk menghitung kebutuhan cairan dalam tubuh Good People:

 

  1. Langkah pertama yang akan Good People lakukan yaitu mengukur berat badan 1 jam sebelum latihan dan sesudah melakukan latihan yang intensitasnya mirip dengan pertandingan pada sesungguhnya.
  2. Ukur berat badan dengan seminimal mungkin pakaian dan tanpa alas kaki. Keringat yang mengumpul pada pakaian yang Good People pakai akan menambah berat badan ketika proses penimbangan.
  3. Ukur jumlah cairan yang diminum selama melakukan latihan.
  4. Keringat yang keluar pada saat latihan (liter).
  5. Berat badan sebelum latihan (kg) – berat badan setelah melakukan latihan (kg) + jumlah cairan yang Good People minum selama melakukan latihan (liter).

 

Jumlah keringat yang Good People keluarkan akan menjadi patokan bagi Good People untuk menentukan jumlah cairan yang akan Good People butuhkan selama bertanding. Silahkan minum cairan sebanyak jumlah itu selama melakukan pertandingan sepakbola. 

 

Sebaiknya Good People tidak minum cairan dengan jumlah lebih banyak, hal ini akan menambah berat badan Good People semakin meningkat ketika bertanding. Tentunya hal ini mengakibatkan tubuh Good People merasa tidak nyaman ketika bertanding. Lalu kapan waktu yang tepat untuk minum?

 

Sebelum melakukan latihan atau pertandingan dianjurkan untuk minum. Sering kali kita ketahui kalau banyak pemain yang datang ke sesi pertandingan atau latihan dalam keadaan dehidrasi.  Alasan yang sering muncul yaitu karena mereka tidak sempat sarapan. 

 

Para pemain yang mengalami dehidrasi cenderung akan berusaha untuk minum sesering mungkin dibandingkan mereka yang tidak. Hal ini tentunya akan mengalihkan fokus mereka pada sebuah pertandingan atau sesi latihan.

Ketika cuaca panas maka para pemain disarankan untuk minum cairan sebanyak 500 ml atau setara dengan 2 gelas selama 60-90 menit sebelum pertandingan dimulai. 

Pada kesempatan waktu tersebut para pemain memiliki kesempatan untuk membuang air kecil demi membuang cairan yang berlebih sebelum siap untuk bertanding.

 

Ketika berlangsungnya sebuah pertandingan maka kesempatan untuk minum sangat sedikit. Beberapa kesempatan minum ketika pertandingan yaitu ketika pemanasan, beberapa menit sebelum pertandingan dimulai, dan ketika half-time

 

Para pemain juga disarankan untuk minum di sisi lapangan ketika permainan dihentikan sementara, seperti ketika ada pemain lain yang mengalami cedera.

Ketika cuaca panas maka jeda tambahan untuk minum biasanya ditambah. Pada kondisi seperti ini maka resiko dehidrasi lebih tinggi. Saat itu para wasit akan menghentikan pertandingan selama 2 menit di tengah masing-masing babak agar kebutuhan cairan tubuh para pemain tetap seimbang.

 

Ketika sesi latihan para pelatih sebaiknya mengatur latihan dan memastikan ada waktu minum disela-sela latihan. Hal ini berdasarkan cuaca pada saat itu dan tingginya intensitas latihan. 

 

Ketika cuaca panas maka kegiatan latihan dilakukan pada pagi hari atau sore hari agar terhindar dari panas yang berlebihan. Setelah sesi latihan dan pertandingan, para pemain sebaiknya mengganti cairan yang hilang dengan minum sekitar 1,2-1,5 liter per kg berat badan yang hilang. 

 

Usahakan Good People selalu membawa bekal minum dengan botol minuman sendiri dari rumah seperti membawa FJF 580 dari Thermos di saat latihan atau pertandingan sekalipun agar tubuh Good People tetap terhidrasi dengan baik dan terjaga higienisnya. Tidak hanya itu, Good People juga tidak perlu khawatir dengan ketahanan suhunya karena akan di jaga dengan baik selama 6 jam tetap dalam keadaan dingin ataupun hangat. Mudah di bawa, praktis dan bebas dehidrasi seharian!