KidZania Back To School

Detail

Thermos Indonesia Mengajak Para Orang Tua Untuk Lebih Pintar dalam Memilih Wadah Vakum Yang Aman Bagi Anak-anaknya Melalui Program Thermos Back To School

PT Thermos Indonesia Trading kembali mengadakan program “Thermos Back to School” dengan menggelar perlombaan menggambar untuk anak-anak. Bertempat di Kidzania Mall Pacific Place Jakarta, acara tersebut juga dibarengi dengan sesi Parenting Talkshow yang membahas mengenai pentingnya memilih wadah vakum makanan dan minuman yang aman untuk anak-anak dan dampak bahaya dari penggunaan wadah berbahan plastik.

Program Thermos Back to School merupakan bentuk komitmen Thermos Indonesia untuk meningkatkan bakat dan kreatifitas anak melalui kegiatan yang edukatif,  dalam kesempatan yang sama Thermos Indonesia juga melakukan sosialisasi kepada orang tua mengenai bahaya penggunaan wadah plastik dan mengajak para ibu khususnya untuk lebih selektif memilih wadah vakum makanan dan minuman untuk anak-anaknya. Acara tersebut dihadiri oleh Andriani Melissa, selaku Marketing Manager PT Thermos Indonesia Trading dan Efriyani Djuwita, M.Psi, Pakar Psikolog Anak dari Tumbuh Kembang.

Menurut Andriani Melissa, Marketing Manager PT Thermos Indonesia, “Program Thermos Back To School merupakan program yang kami gelar setiap tahun yang bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat anak-anak melalui berbagai perlombaan salah satunya lomba menggambar, melalui moment ini  kami juga ingin mengajak para orang tua untuk mulai menggunakan wadah vakum container makanan dan minuman yang terbuat dari bahan stainless steel dibandingkan menggunakan bahan plastik, karena lebih aman bagi kesehatan”.

Seperti diketahui, sering sekali kita menggunakan wadah plastik sebagai tempat untuk menyimpan makanan dan minuman. Wadah plastik seperti botol minum, kotak makan, botol plastik air mineral, gelas plastik dan susu botol telah menjadi wadah untuk konsumsi kebutuhan sehari-hari. Akan tetapi, harus diketahui bahwa wadah plastik mengandung zat-zat berbahaya yang dapat menimbulkan dampak buruk bagi anak-anak, bahaya zat-zat kimia yang terkandung dalam plastik dapat mengganggu sistem saraf motorik anak yang dampaknya akan terlihat dalam jangka waktu yang panjang dan yang paling berbahaya adalah dapat terkena penyakit kanker.

Materi sendiri plastik terdiri atas berbagai bahan kimia (monomer) yang dalam kondisi tertentu, kontak antara plastik dan makanan bisa menyebabkan migrasi (perpindahan) bahan-bahan kimia dari wadah ke makanan. Migrasi tersebut terjadi akibat pengaruh suhu panas makanan, penyimpanan, atau proses pengolahannya. Semakin tinggi suhu maka semakin tinggi kemungkinan terjadi migrasi. Lamanya waktu penyimpanan makanan juga berpengaruh terhadap perpindahan materi berbahan kimia ini. Hal tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan terutama bagi perkembangan anak-anak.

Saat ini beberapa institusi sudah mulai mengkampanyekan bahaya plastik bagi kelangsungan hidup manusia, Thermos Indonesia sebagai produsen wadah insulasi vakum yang menggunakan materi bahan stainless steel yang aman, sangat mendukung himbauan tersebut dengan mengajak para orang tua untuk tidak menggunakan wadah berbahan plastik dan mulai beralih menggunakan materi stainless steel karena lebih terjamin keamanannya.

Beberapa kelebihan dari menggunakan wadah vakum stainless steel yaitu; materi stainless steel tidak mengandung zat kimia berbahaya seperti BPA yang terkandung didalam plastik, stainless steel adalah materi yang ramah lingkungan tidak seperti plastik yang membutuhkan ratusan tahun untuk diurai, stainless steel yang didesain dengan baik tidak memberikan tempat untuk jamur dan bakteri bersarang, stainless steel dengan teknologi tinggi tidak menyimpan rasa pada minuman dan kelebihan dari botol berbahan stainless  dapat menjaga suhu air panas dan dingin lebih lama.

Menurut Efriyani Djuwita, Pakar Psikolog Anak, “saat ini para orang tua harus lebih waspada dalam memilih wadah untuk menyimpan makanan dan minuman untuk anak-anaknya, saya menganjurkan untuk tidak menggunakan wadah berbahan plastik karena potensi bahaya zat kimianya dapat mempengaruhi perkembangan sistem motorik anak untuk jangka panjang. Beberapa gejala yang dapat terjadi yaitu seperti gangguan konsentrasi pada anak, kemampuan belajar jadi menurun, pertumbuhan fisik yang lebih lambat, dan yang paling berbahaya adalah penyakit kanker”.

Berkaitan dengan tema potensi bakat anak, Kreatifitas juga sangat  tergantung pada kesehatan anak, para orang tua harus pintar dalam memilih produk wadah makanan dan minuman yang terbaik dan  aman untuk anak-anak, salah satu cara untuk mengembangkan kreatifitas anak adalah dengan memberikan banyak stimulasi sesuai dengan tahapan perkembangan anak. “Contoh yang dapat dilakukan adalah mengajak anak untuk membuat kreasi makanannya sendiri dengan memilih wadah makanan atau minuman kesukaannya, para orang tua harus memperhatikan kualitas dari wadah pembekalan anak, semakin menarik, anakpun semakin tertarik untuk makan dan minum”. Efriyani menambahkan.

Thermos memiliki berbagai macam varian produk berbahan stainless steel yang aman untuk anak-anak, mulai dari Food Jar untuk menyimpan makanan, botol minum, tumbler dan wadah minuman lainnya. Salah satu produk dari “Thermos Back to School” yang dapat menjadi teman aktivitas anak yaitu Thermos Vacuum Insulated Sports Bottle yaitu wadah vakum minuman yang mudah di bawa dengan desain yang inovatif dengan tampilan yang menarik, botol ini dapat menyimpan minuman kesukaan anak-anak, dilengkapi dengan tombol pembuka sekali tekan yang sangat mudah dan praktis, anti bocor, produk Thermos dapat menjaga suhu air dingin dan normal tetap sama selama 6 jam. “Melalui program ini kami berharap dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi para orang tua, produk Thermos juga memiliki berbagai varian yang didedikasikan untuk semua kalangan, sesuai dengan tagline kami “Your Everyday Companion” semoga Thermos dapat selalu menemani aktivitas setiap individu sesuai dengan gaya hidup masing-masing”, Melissa menambahkan.