Saat menyambut tahun baru, Jepang punya tradisi memasak sup yang unik nan lezat ini. Japanese New Year Mochi Soup, harus banget kita cobain!

Instruction:
  1. Tambahkan air ke dalam panci stok dan rendam konbu dashi (kelp kering) selama 4 sampai 8 jam. Jika Anda tidak sempat melakukan hal ini, rendam konbu selama 30 menit sampai 1 jam. Tinggalkan dashi konbu di panci stok sementara sup matang.
  2. Iris wortel ke dalam potongan bundar yang halus, dan iris daikon ke potongan bundar tipis, lalu iris potongan bundar tersebut menjadi dua bagian atau seperempat, tergantung pada lebar daikon.
  3. Jika Anda menggunakan akar talas segar atau sato imo, kupas kulitnya yang kasar, lalu iris ke dalam potongan bundar. Sato imo juga tersedia untuk dijual sebelum dikupas dan dipotong menjadi bola kecil di bagian freezer beberapa toko kelontong Jepang. Jangan ragu untuk mengganti talas segar dengan talas beku.
  4. Di atas api sedang tambahkan dashi, dan wortel, daikon, dan sato imo (akar talas) dan didihkan. Buang  kotoran dari permukaan kuah. Di atas api sedang-rendah, masak sayuran sampai mencapai kelembutan yang diinginkan.
  5. Angkat sepotong konbu dari panci dan tambahkan daun mizuna.
  6. Terakhir, tambahkan mochi ke dalam panci dan masak 2 menit lagi sampai empuk. Sebagai alternatif, buat mochi bakar (kue beras), sajikan sup di mangkuk kecil, dan hiasi sup dengan potongan mochi panggang yang indah. Nikmati segera.


Ozoni, pada dasarnya adalah sup dengan mochi (kue beras), dan untuk resep miso ozoni Saikyo ini, kue beras bisa direbus dengan supnya, atau mungkin dipanggang.